Studi Ekskursi Program Studi S1 Desain Grafis angkatan'15 tahun 2017

“Studi Ekskursi adalah Program Tahunan yang diadakan dengan tujuan untuk mengenalkan Mahasiswa pada Perusahaan yang bergerak di bidang IT maupun perusahaan yang menggunakan teknologi IT.”

Program studi ekskursi atau yang biasa kita kenal dengan studi banding, merupakan acara pembelajaran dengan menggali informasi dari suatu tempat yang lebih maju. Hal tersebut dilakukan dengan maksud dapat membawa hasil positif dan konkret, serta dapat diterapkan di tempat yang belum maju, tentunya setelah dilakukan proses pematangan rencana.

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi S1 Desain Grafis angkatan 2015, dalam acara  studi ekskursi pada tanggal 23-28 Agustus 2017. Acara yang memakan waktu selama lima hari, dimanfaatkan untuk berkunjung ke beberapa tempat diantaranya, ke PT. Astra Internasional Daihatsu Jakarta - Indonesia, PT. Faber Castell Internasional Jakarta - Indonesia, Jogja Tshirt Yogyakarta, PT. Cokelat Monggo Yogyakarta & Art Deco Furnicraft Kasongan Yogyakarta.

Tempat pertama yang dituju adalah PT. Faber Castell Internasional Jakarta Indonesia, mahasiswa dibekali ilmu tentang sejarah kesusksesan PT. Faber Castell, bagaimana proses produksi Faber Castell, serta inovasi dan kreatifitas packaging. Selanjutnya, di PT. Astra Internasional Daihatsu Jakarta – Indonesia, mahasiswa belajar tentang “how to make a car” dan menyaksikan proses perakitan mobil hingga selesai. Di Jogja Tshirt Yogyakarta, mahasiswa belajar tentang proses produksi kaos dan sablon. Di PT. Cokelat Monggo Yogyakarta, mahasiswa belajar tentang bagaimana mengolah sumber daya alam menjadi sebuah produk yang berkualitas, dan bagaimana membuat packaging yang ramah lingkungan, serta mahasiswa diajak untuk membuat coklat sendiri “With Signature by self. Perusahaan terakhir yaitu Art Deco Furnicraft Kasongan Yogyakarta, mahasiswa belajar tentang bagaimana mengolah barang bekas menjadi barang yang layak jual kembali, bahkan mampu memiliki nilai estetika yang lebih.

   

   

   

   

Pentingnya kegiatan Study Ekskursi untuk melengkapi mutu pembelajaran ekstra, intra, dan co-kurikuler. Mahasiswa tidak cukup hanya dengan membaca buku yang diajari dikelas. Selain itu, Study Ekskursi menjadi salah satu sarana, untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa akan pengetahuan dunia luar. Banyak dampak dari acara Study Ekskursi, selain dapat menambah cakrawala berfikir masing-masing mahasiswa, studi banding sebagai penunjang penilaian akreditasi Prodi dan Fakultas.

 


Dokumentasi Panitia, Editor: Ixs.